GAM INFO - Sistem transmisi di bedakan dua jenis
1. SISTEM TRANSMISI MANUAL
1. Slidingmesh Type
2. Constantemesh Type
3. Syncromesh Type
2. SISTEM TRANSMISI OTOMATIS
1. Manumatic Type
2. Semi Automatic type
3. Elelctro Hidraulic Type
4. Dual Clutch Type
URAIAN
ENIS-JENIS TRANSMISI MANUAL
1. SLIDINGMESH TYPE
Jenis ini merupakan dasar pertama kali ditemukannya transmisi, dengan
konstruksi yang sangat sederhana. Transmisi jenis ini sudah tidak lagi
dikembangkan, walaupun demikian jenis ini masih sering digunakan dan
terbatas hanya untuk gear percepatan dan mundur
2. CONTSTANTMESH TYPE
Jenis ini merupakan pengembangan dari jenis slidingmesh type, dimana
bentu gear tidak lagi lurus melainkan helical, walaupun demikian saat
perpindahan gera masih terjadi kesukaran
Dinamakan constantmesh type karena counter gear selalu berkaitan atau
berhubungan dengan gear pada main shaft. sedangkan gear pada main shaft
dihubungkan dengan perantara bearing sehingga gear dan main shaft dapat
berputar bebas.
3. SYNCROMESH TYPE
Transmisi jenis ini mempunyai konstruksi seperti jenis constantmesh.
pada jenis ini untuk memindahkan putaran dari main gear ke main shaft
digunakan syncromesh, sehingga perpindahan putaran dapat dilakukan
dengan mudah pada berbagai kecepatan.
JENIS-JENIS TRANSMISI AUTOMATIC
1. MANUMATIC TYPE
Transmisi Manumatic berasal dari kata "Manual" dan "Automatic"
Pada transmisi ini pengemudi cukup memilih tanda (+) untuk menaikan
rasio perpindahan gigi dan tanda (-) untuk menurunkan rasio perpindahan
gigi.
Perpindahan gigi terjadi secara sekuensial
2, SEMI AUTOMATIC TYPE
Pada Transmisi ini menggunakan Sensor Elektrik, Sistem Pneumatik dan
Prosesor, serta Actuator untuk mengeksekusi perintah pengemudi saat
memindahkan rasio perpindahan gigi transmisi
3. ELEKTRO HIDRAULIC TYPE
Transmisi ini merupakan transmisi buatan Jepang yang dikenal dengan "HondaMatic"
Pada transmisi ini terdapat komponen Pompa Hidraulic, Hidraulic Motor
Piston dan jugaPompa Swash Plate yang bekerja menyerupai cara kerja
sistem AC jenis Swash Plate
4. DUAL CLUTCH TYPE